Body Mobil Ringsek, apakah bisa Diperbaiki dengan Ketok Magic? Ini Jawabnya

Mobil yang habis tabrakan tentunya menyisakan penyok pada body, penyok/ kerusakan bodi tersebut bisa diperbaiki di bengkel resmi atau bengkel tidak resmi akan tetapi memiliki spesialisasi pada perbaikan bodi. Nah artinya jika pecinta otomotif mengalami kecelakaan misalnya setelah tertabrak atau menabrak maka pecinta otomotif bisa memperbaiki kerusakannnya dengan dua pilihan bengkel:
1. Bengkel resmi pabrikan, misalnya: Honda Jakarta Center, Auto 2000, Indomobil, Krama Tiga Berlian, Sun Star Motor, dll
2. Ke bengkel spesialis kerusakan body, nah ini kebanyakan adalah bengkel ketok magic...

Untuk biaya tentunya bengkel tidak resmi lebih terjangkau, akan tetapi perbaikan juga sangat subyektif tergantung dari kemampuan masing-masing bengkel ketok magic (yang biasanya berbeda antar 1 bengkel dengan bengkel lain), sedangkan untuk standart mutu memang bengkel resmi memberikan kualitas terbaik.
Bagi pemilik mobil yang kaya tentunya tidak masalah membawa ke bengkel resmi berapapun biayanya, akan tetapi bagi yang ekonominya pas-pasan maka memperbaiki kerusakan body di bengkel ketok magic adalah pilihan yang cukup baik.
Berapa biaya ketok magic di Jakarta?
Salah satu bengkel ketok magic yag kami temui menjelaskan bahwa biaya perbaikan body yang habis tertabrak/ menabrak tergantung dari parah atau tidaknya kerusakan. Jika kerusakan tidak terlalu parah (penyok biasa) maka biaya perbaikan paling murah adalah 500 ribu, itu sudah dengan catnya dan kembali seperti bentuk semula (normal). Jika kerusakan parah misalnya sampai ringsek bagian depan maka biaya perbaikan bisa sampai 25 juta untuk mobil kembali seperti bentuk semula termasuk pengecatannya, nah ini artinya ketok magic sebenarnya bisa memerbaiki body mobil yang ringsek akibat tabrakan
Berapa lama perbaikan ketok magic
Nah masih menurut bengkel ketok magic tadi bahwa perbaikan kerusakan tergantung dari parah atau tidaknya kerusakan, jika kerusakan biasa-biasa saja paling dalam 3 hari sudah selesai perbaikan (seperti semula), akan tetapi jika kerusakan sampai ringsek biasanya membutuhkan waktu 1 bulan atau lebih untuk memperbaikinya sekaligus mengecatnya (kembali seperti semula).
Asal ketok magic
Ketok magic sebenarnya adalah istilah perbaikan body mobil yang penyok, metode perbaikan body mobil ini awalnya berasal dari Blitar Jawa Timur yang di blitar disebut bengkel ketuk teter atau kenteng teter...nah metodenya sederhana yakni dengan cara mengetok-ngetok atau menarik-narik body mobil yang penyok, alat yang dipakai juga sederhana yakni palu (martil), kawat dan las ungkap Joyo, karyawan salah satu ketok magic di Jakarta. Jadi ketok magic tidak ada unsur magisnya murni kemampuan/ skill dari orang tersebut memperbaiki body mobil yang rusak, bahkan di bengkel tempat Joyo bekerja pemilik mobil bisa melihat langsung proses perbaikan mobilnya.
Hasil yang bagus
Mengingat ini adalah skill (subyektif), untuk hasil yang bagus pecinta otomotif bisa memilih ketok magic yang sudah punya reputasi baik (nama baik) atau terkenal di kota tersebut... hasl ketok magic sangat tergantung kejelian dan ketelitian teknisi ketok magic, jika asal-asalah bisa dijamin hasilnya tidak memuaskan akan tetapi jika pengerjaannya dikerjakan dengan teliti dan seksama maka konsumen akan puas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »