Jika Mobil Mogok di Perlintasan Rel Kereta Api, ini Tipsnya

Nah ini adalah ketakutan sebagian besar pengemudi saat melintasi rel kereta api, karena pada dasarnya mobil memang lebih rawan mogok di atas rel kereta api daripada jalanan normal,,,mengapa? karena rel kereta api mengandung magnet/ listrik yang bisa mengacaukan sistem pada mesin apa lagi jika mesin kurang prima maka dengan mudah dikacaukan medan magnet dan listrik.

Rel kereta api juga tidak semulus jalan tanpa rel sehingga sering saat mobil harus berjalan pelan tiba-tiba mogok, nah salah satu tips saat melintasi perlintasan rel kereta api adalah jangan terlalu pelan artinya pastikan kecepatan mobil cukup untuk melintasi rel (andaikata mesin tiba-tiba mati mobil masih memiliki laju karena berjalan tidak terlalu lambat).
Kecelakaan pada perlintasan kereta api bisa disebabkan oleh 3 hal yang paling sering yakni:
1. Palang pintu perlintasan terlambat menutup
2. Kendaraan nekat menerabas palang pintu perlintasan
3. Mobil mogok ditengah perlintasan
Nah untuk kasus nomor 3 ini www.mobilku.org sedikit menyampaikan tips-tips jika pecinta otomotif mengalami kejadian ini (mogok di atas rel/ perlintasan jalan dengan kereta api):
1. Coba 2-3 kali di starter ulang agar mesin menyala, jika tidak bisa maka langkah ke 2
2. Secepatnya menyuruh penumpang turun dan ikut mendorong mobil ke posisi yang aman, jika pecinta otomotif sedang sendirian alangkah baiknya meminta bantuan orang sekitar (pinggir jalan untuk menepikan mobil)
3. Jika tidak ada orang dan mesin tidak bisa hidup maka segera pasang segitiga pengaman pada pinggir rel dengan harapan agar masinis kereta melihat tanda darurat tersebut dan megurangi laju kereta, beri jarak sekitar 50 meter di kanan dan kiri mobil
4. Nah ini sedikit tips untuk mobil bertransmisi manual jika mobil tidak bisa hidup,,,yakni pindahkan transmisi ke gigi 1 lalu starter mobil tanpa menginjak pedal kopling, hal ini akan membuat sentakan pada mobil sehingga mobil akan bergeser ke depan, mobil akan bergerak akibat putaran dinamo starter... lakukan hal ini saat keadaan darurat saja.
Jika melintasi perlintasan kereta api ada baiknya pecinta otomotif selalu menengok kanan-kiri sebentar untuk meyakinkan bahwa perlintasan KA aman dilalui, hal ini untuk berjaga-jaga ada kesalahan pada palang pintu atau hal-hal lain

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »